S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Tentang Program Studi

Akreditasi

Baik Sekali

Deskripsi Singkat Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI ALHIKMAH Jakarta

Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI Al-Hikmah Jakarta bertujuan untuk mencetak guru profesional yang kompeten dalam mengajar di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (setara SD) dengan pendekatan berbasis nilai-nilai Islam. Program ini membekali mahasiswa dengan kompetensi pedagogik, keilmuan keislaman, dan teknologi pendidikan untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan inklusif.

Mahasiswa PGMI akan mempelajari berbagai mata kuliah yang mencakup strategi pembelajaran, psikologi pendidikan, metodologi pengajaran di madrasah, serta integrasi ilmu pengetahuan dan Islam. Dengan pendekatan holistik, lulusan PGMI siap menjadi pendidik, peneliti, dan pengembang kurikulum di lingkungan pendidikan dasar Islam, baik di madrasah maupun sekolah umum berbasis Islam.

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

PMB STAI ALHIKMAH JAKARTA PROGRAM SARJANA TAHUN 2024 - Seleksi Mandiri PTS

Reguler

8 March 2025 - 30 April 2025

Biaya Daftar Rp. 200.000

Prospek Karir

Prospek Karir Lulusan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI ALHIKMAH Jakarta

Lulusan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI ALHIKMAH Jakarta memiliki peluang karir yang luas di berbagai sektor pendidikan, baik formal maupun non-formal. Dengan bekal kompetensi pedagogik, keilmuan Islam, dan teknologi pendidikan, lulusan PGMI dapat berperan dalam berbagai profesi berikut:


1. Bidang Pendidikan Formal

Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Menjadi pendidik profesional di madrasah dengan mengajarkan mata pelajaran umum dan agama Islam.

Guru Sekolah Dasar (SD) Berbasis Islam
Mengajar di sekolah dasar Islam dengan pendekatan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan ilmu pengetahuan.

Pengembang Kurikulum Madrasah
Bertugas merancang dan mengembangkan kurikulum pendidikan dasar Islam sesuai standar nasional dan internasional.

Kepala Madrasah atau Pengelola Lembaga Pendidikan Islam
Setelah memiliki pengalaman dan sertifikasi kepemimpinan, lulusan dapat menjadi kepala madrasah atau mengelola sekolah Islam.


2. Bidang Pendidikan Non-Formal

Pengajar di Lembaga Pendidikan Al-Qur'an (LPQ/TPQ)
Mengajarkan baca tulis Al-Qur'an dan ilmu agama di lembaga pendidikan Islam informal.

Instruktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Islam
Mengembangkan dan mengajar program pendidikan dini berbasis Islam di TK atau RA (Raudhatul Athfal).

Trainer dan Motivator Pendidikan Islam
Membantu meningkatkan kualitas pendidikan Islam melalui pelatihan guru dan seminar pendidikan.

Tutor Homeschooling Islam
Menyediakan pendidikan berbasis Islam untuk siswa yang menjalani sistem homeschooling.


3. Bidang Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam

Peneliti Pendidikan Islam
Melakukan penelitian dalam bidang pedagogi Islam, metode pembelajaran, dan evaluasi pendidikan di madrasah.

Penulis dan Penyusun Buku Ajar Madrasah
Mengembangkan materi pembelajaran berbasis Islam untuk siswa madrasah dan sekolah Islam.

Konsultan Pendidikan Islam
Memberikan solusi dan inovasi dalam sistem pendidikan Islam kepada lembaga pendidikan dan pemerintah.


4. Bidang Manajemen dan Administrasi Pendidikan

Staff Dinas Pendidikan atau Kementerian Agama
Berkontribusi dalam kebijakan dan administrasi pendidikan Islam di tingkat daerah dan nasional.

Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan Islam
Mengembangkan dan mengelola program kursus berbasis Islam, seperti pelatihan guru madrasah dan parenting Islami.

Manajer atau Supervisor Pendidikan Islam di Yayasan
Mengelola unit pendidikan di bawah naungan yayasan Islam.


5. Bidang Dakwah dan Sosial Keagamaan

Mubalig dan Da'i Pendidikan
Menjadi pendakwah yang fokus pada edukasi Islam dalam berbagai komunitas.

Pengelola Pesantren Modern atau Rumah Tahfiz
Mengembangkan dan mengelola pesantren berbasis pendidikan Islam modern.

Aktivis Pendidikan di Lembaga Sosial Islam
Berperan dalam organisasi yang bergerak di bidang pendidikan Islam, seperti BAZNAS atau Dompet Dhuafa.

Materi Pembelajaran

Materi Pembelajaran Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI ALHIKMAH Jakarta

Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI Al-Hikmah Jakarta dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian sebagai guru madrasah yang unggul. Kurikulum PGMI mencakup aspek pendidikan Islam, pedagogi, ilmu dasar, serta teknologi pembelajaran yang mendukung pengajaran di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.


1. Mata Kuliah Dasar Keislaman

  • Studi Al-Qur'an dan Hadis
    Mempelajari nilai-nilai pendidikan dalam Al-Qur'an dan Hadis serta implementasinya dalam pembelajaran.
  • Aqidah dan Akhlak
    Menanamkan prinsip akidah Islam serta pembentukan karakter guru yang berakhlak mulia.
  • Sejarah Peradaban Islam
    Mengkaji perkembangan pendidikan Islam dari masa klasik hingga kontemporer.
  • Fiqih Ibadah dan Muamalah
    Memahami aspek hukum Islam yang berkaitan dengan ibadah dan kehidupan sosial.
  • Pemikiran Islam dan Pendidikan
    Menganalisis konsep pendidikan dalam pemikiran ulama Islam klasik dan modern.

2. Mata Kuliah Kependidikan dan Pedagogi

  • Filsafat Pendidikan Islam
    Mengkaji konsep dan prinsip pendidikan Islam dari perspektif filosofis.
  • Psikologi Pendidikan
    Mempelajari aspek perkembangan peserta didik di jenjang pendidikan dasar.
  • Strategi Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah
    Mengembangkan metode pengajaran yang efektif untuk siswa madrasah.
  • Evaluasi Pembelajaran MI
    Teknik dan metode dalam menilai perkembangan dan hasil belajar siswa.
  • Manajemen Kelas dan Sekolah Dasar Islam
    Mempelajari strategi mengelola kelas yang kondusif dalam pembelajaran MI.

3. Mata Kuliah Keilmuan Dasar dan Interdisipliner

  • Matematika Dasar untuk MI
    Mempelajari konsep matematika dasar serta metode pengajarannya.
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk MI
    Mengajarkan konsep sains dasar dalam pembelajaran madrasah.
  • Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran MI
    Strategi mengajarkan keterampilan berbahasa yang baik kepada siswa MI.
  • Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam Islam
    Menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan keislaman dalam pendidikan dasar.
  • Bahasa Arab Dasar untuk MI
    Mengajarkan dasar-dasar bahasa Arab sebagai bagian dari kurikulum MI.

4. Mata Kuliah Keterampilan dan Teknologi Pendidikan

  • Media dan Teknologi Pembelajaran MI
    Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran madrasah.
  • Desain Pembelajaran MI Berbasis Digital
    Mengembangkan materi ajar berbasis e-learning dan multimedia interaktif.
  • Pengembangan Kurikulum MI
    Mendesain kurikulum madrasah yang sesuai dengan tuntutan zaman.
  • Metodologi Penelitian Pendidikan
    Membekali mahasiswa dengan keterampilan riset dalam bidang pendidikan MI.

5. Mata Kuliah Keahlian dan Profesionalisme Guru

  • Microteaching (Praktik Mengajar)
    Pelatihan praktik mengajar sebelum terjun ke lapangan.
  • Bimbingan dan Konseling di MI
    Mempelajari cara membimbing dan membina siswa madrasah secara psikologis dan spiritual.
  • Profesi Guru dalam Islam
    Memahami peran dan tanggung jawab guru dalam perspektif Islam.

6. Mata Kuliah Penunjang dan Pilihan

  • Bahasa Inggris untuk Guru MI
    Membekali calon guru dengan keterampilan bahasa Inggris dasar dalam konteks pendidikan Islam.
  • Pendidikan Multikultural dalam Islam
    Mempelajari konsep keberagaman dalam pendidikan Islam.
  • Pendidikan Inklusif di MI
    Menyiapkan calon guru dalam mengajar siswa berkebutuhan khusus di madrasah.

7. Praktik Lapangan dan Skripsi

  • Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
    Mahasiswa melakukan praktik mengajar di madrasah untuk menerapkan teori ke dalam praktik nyata.
  • Skripsi
    Penelitian ilmiah yang menjadi syarat kelulusan dengan topik seputar pendidikan madrasah.


Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca User Guide terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!